<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR"^^ . "Abstrak\r\n\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan perencanaan, mendeskripsikan\r\npelaksanaan, dan menggambarkan evaluasi pembelajaran dan menjelaskan\r\npeningkatan prestasi belajar IPS siswa setelah diterapkan model Quantum\r\nTeaching. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan\r\nsiklus III dengan langkah pembelajaran TANDUR, dimana perlakuan tindakan\r\nsetiap siklusnya berbeda melalui perbaikan dan penyempurnaan perlakuan dari\r\nsiklus sebelumnya sampai dengan diperoleh temuan peningkatan prestasi belajar\r\nsesuai dengan indikator keberhasilan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat\r\nmeningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Perencanaan pembelajaran dilakukan\r\ndengan mempersiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan model yang akan\r\ndilakukan, indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan tindakan\r\ndilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang langkah-langkahnya\r\ntercermin dalam TANDUR, yaitu Tumbuhkan minat belajar siswa, pada siklus I\r\ndengan bernyanyi, pada siklus II dengan membaca puisi dan pada siklus III\r\ndengan mempertontonkan video/film pendek. Alami, guru merangsang\r\npengetahuan awal yang dimiliki siswa berdasarkan peristiwa yang pernah dialami,\r\ntahap ini yang dilakukan pada siklus I dengan memberikan contoh kontekstual,\r\nsiklus II dengan contoh kontekstual dan rangsangan pertanyaan, dan pada siklus\r\nIII dengan contoh kontekstual, rangsangan pertanyaan dan menggunakan media\r\ngambar sebagai ilustrasi. Namai, guru menanamkan konsep kepada siswa, pada\r\nsiklus I dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, pada siklus II\r\ndengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta menggunakan media\r\ngambar, pada siklus III dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab\r\nserta menggunakan media power point. Demonstrasikan, guru memberi\r\nkesempatan kepada siswa untuk mengeksplor pengetahuan yang baru diperoleh\r\ndengan memberikan tugas diskusi kelompok, pada siklus I dengan kartu gambar,\r\nsiklus II dengan kartu soal dan siklus III dengan permainan cepat tepat. Ulangi,\r\nguru membimbing siswa untuk mengulang materi pelajaran, pada siklus I dengan\r\nmerangkum materi, siklus II dengan merangkum materi serta rangsangan\r\npertanyaan, dan siklus III dengan merangkum materi dan rangsangan pertanyaan\r\nserta kata kunci. Rayakan, guru memberikan penguatan atas hal terbaik yang\r\ndilakukan siswa, pada siklus I dengan nilai dan tepuk tangan, siklus II dengan\r\nnilai, tepuk tangan dan pujian siklus III dengan nilai, tepuk tangan, pujian dan\r\nhadiah. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan mengevaluasi proses\r\npembelajaran dan evaluasi/tes prestasi belajar IPS siswa dengan memberikan soal\r\ntes, pada siklus I dengan menggunakan soal pilihan ganda, siklus II dengan\r\nmenggunakan soal pilihan ganda dan melukir tempat duduk siswa, siklus III\r\ndengan menggunakan soal pilihan ganda, melukir tempat duduk siswa dan\r\nmembedakan nomor soal antara teman satu bangku. Perlakuan tindakan antara\r\nkelas VIII B dan VIII E adalah sama. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan\r\ndengan peningkatan rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar siswa.\r\nPeningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII B berdasarkan ketuntasan belajar\r\ndari siklus I (19 siswa) ke siklus II (21 siswa) sebesar 9.5 % dan peningkatan dari\r\nsiklus II ke siklus III (27 siswa) sebesar 22 %, berdasarkan peningkatan rata-rata\r\nnilai tes prestasi belajar dari siklus I (57) ke siklus II (59) sebesar 3.3% dan dari\r\nsiklus II ke siklus III (66) sebesar 10.6%. Sedangkan kelas VIII E berdasarkan\r\nketuntasan belajar dari siklus I (14 siswa) ke siklus II (22 siswa) sebesar 36 % dan\r\npeningkatan dari siklus II ke siklus III (29 siswa) sebesar 24 %, berdasarkan\r\npeningkatan rata-rata nilai tes prestasi belajar dari siklus I (58) ke siklus II (60)\r\nsebesar 3.3 % dan dari siklus II ke siklus III (68) sebesar 11.7%\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nAims of this research are to describes the planning, implementation, evaluation,\r\nand increasingly of the students social study achievement with quantum teaching\r\nmodel. This research was conducted in three phases. They were 1 st phase, 2nd\r\nphase and 3 rd phase by TANDUR process, which in every phase it had different\r\nact trough fixing and completing from the previous phase until the increasingly\r\nfor the study achievement found based on achievement indicators.\r\nThis research shown that Quantum Teaching model were increasingly the\r\nachievement of Social lesson for students. The teaching model prepared based on\r\nthe model that will be given on the lesson, teaching indicators and aims of\r\nteaching. The implementation of the act conducted by teaching model which it\r\ncalled TANDUR, growing up the students study interest, on cycle I by singing, on\r\ncycle II by read poems and on cycle III by demonstrates videos/short films.\r\nExperience, teacher tried to eager students’ knowledge with students experiences,\r\nthis phase one is done on cycle I with give kontextual example, cycle II use\r\nkontextual example and question excitement, and on cycle III with kontextual\r\nexample, question excitement wields image media as illustration. Named, teacher\r\ngave the lesson material to students for their concept understanding, on cycle I\r\nuse of discourse and question-answer method, on cycle II use of discourse and\r\nquestion-answer method and utilizes image media, on cycle III use of discourse\r\nand question-answer method and utilizes power point's media. Demonstrated, the\r\nteacher gave a change for students to explore their new knowledge by giving a\r\ntask for group discussion, on cycle I with pictured card, cycle II use problem card\r\nand cycle III use correct fast game. Review, the teacher guided students to review\r\nand made a conclusion from the lesson, on cycle I with embraces material, cycle\r\nII with embraces material and question excitement, and cycle III with embrace\r\nmaterial and question and key word excitement. Celebrated, the teacher gave\r\nreinforcement to students by giving a reward or praise, on cycle I with\r\nappreciative and applause, cycle II with appreciative, applause and cycle III praise\r\nwith appreciative, applause, praise and present. Learning evaluation is performed\r\nwith evaluate learning and evaluation process/studying achievement test IPS\r\nstudent by gives examination, on cycle I use of multiple choose, cycle II use of\r\nmultiple choose and move student of seat, cycle III use of multiple choose, move\r\nstudent of seat and differentiates number of examination among comate one\r\nstool.The teaching evaluation conducted by teaching process evaluation and social\r\nlesson students’ achievement evaluation by giving a multiple choices test. The\r\nimplementation acting for each phase was similar between VIII B class and VIII E\r\nclass. As a result, it can conclude that there are differences results for each phase.\r\nThe increasingly achievement of VIII B at the 1 st (19students) phase to the 2nd\r\nphase (21 students) was 9.5% and from 2nd phase to 3 rd (27 students) phase was\r\n22% based on grades achievement averages from 1 st phase (57) to 2nd phase (59)\r\nwas 3.3% and from 2nd phase to 3 rd phase (66) was 10.6%. whereas, VIII E based\r\non the study complement from 1 st phase (14 students) to the 2nd phase ( 22\r\nstudents) was 36% and from 2nd phase to the 3 rd phase (29 students) was 24%,\r\nbased on grades achievement averages from 1 st phase (58) to 2nd phase (60) was\r\n3.3% and from 2nd phase to 3 rd phase (68) was 11.7%"^^ . "2010-03-17" . . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "YUNI FITRI YANTI"^^ . "NN"^^ . "YUNI FITRI YANTI NN"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "abstrak.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "Daftar Pustaka.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "isi.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (File PDF)"^^ . . . "san wacana.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL\r\nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO\r\nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20416 \n\nPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL \nQUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 02 PURBOLINGGO \nKABUPATEN LAMPUNG TIMUR\n\n" . "text/html" . . . " " . .