%A Nur'ainun 0913069072 %J Digilib Library %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 KOTA KARANG TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2010-2011 %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga kartu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Karang Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga kartu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Karang Bandar Lampung tahun ajaran 201/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang masing- masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis secra kuantitatif dan kualitatif, dimana peneliti langsung menganalisis segala sesuatu yang diamati baik menyangkut situasi maupun suasana kelas serta bagaimana hubungan antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Sedangkan sasaran penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Karang Teluk Betung Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 orang siswa terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Karang Teluk Betung Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengolahan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan prosentase hasil belajar siswa dibandingkan pada siklus I sebesar 58,75%, pada siklus II sebesar 72,5%, dan pada siklus III menjadi 85%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga kartu hburuf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Karang Teluk Betung Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011. Saran yang disampaikan kepada guru yang melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas I hendaknya sering menggunakan alat peraga kartu huruf agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tersebut. %D 2016 %L eprints20444