@article{eprints20445, month = {Januari}, title = {OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DENGAN TUGAS ULANGAN HARIAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, author = {RATNA JUITA 0913069085}, year = {2016}, journal = {Digilib Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20445/}, abstract = {Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengoptimalkan pembelajaran matematika dengan tugas ulangan harian khususnya siswa kelas III di SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengoptimalisasian pembelajaran dengan tugas ulangan harian dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, dengan jumlah 29 siswa terdiri dari 15 orang perempuan dan 14 orang siswa laki-laki.. Data yang diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, peneliti langsung menganalisis segala sesuatu yang dilihat dan diamati, baik mengenai situasi maupun suasana kelas, serta hubungan siswa satu dengan yang lainnya. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar yang signifikan dari pelaksanaan optimalisasi pembelajaran dengan tugas ulangan harian dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, dilihat dari hasil ulangan harian pada siklus I, II, dan III yang dilakukan dalam penelitian ini. Secara operasional wujud keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : (1) Adanya peningkatan hasil ulangan harian siswa. (2) Semakin meningkatnya prestasi siswa. (3) Semakin meningkatnya proses kegiatan belajar mengajar dikelas. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah : (1) Guru hendaknya dapat lebih berusaha mengoptimalisasikan pembelajaran dengan tugas-tugas ulangan harian pada siswa yang diajarkan. (2) Orang tua siswa hendaknya dapat lebih memantau pembelajaran anaknya dirumah, khususnya berkaitan dengan tugas-tugas ulangan harian yang diberikan guru disekolah pada anak - anaknya.} }