TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints20552 UR - http://digilib.unila.ac.id/20552/ A1 - Desti Wahyuning, 101305049 Y1 - 2015/12/29/ N2 - Masalah penelitian ini adalah kemampuan mengungkapkan pendapat rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?apakah kemampuan mengungkapkan pendapat siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik assertive training??. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa dengan menggunakan teknik assertive training. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 10 siswa yang memiliki kemampuan mengungkapkan pendapat rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengungkapkan pendapat siswa dapat ditingkatkan melalui teknik assertive training menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil analisis data post-test diperoleh Zhitung = -2,805 < Ztabel 0,05 = 1,645. Dengan demikian, Ha diterima, artinya bahwa kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas XII dapat ditingkatkan menggunakan teknik assertive training di SMA PGRI 1 Tumijajar tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: bimbingan dan konseling, assertive training, dan kemampuan mengungkapkan pendapat PB - FKIP TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS XII DI SMA PGRI 1 TUMIJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -