@article{eprints20627, month = {Januari}, title = {PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010}, author = {Widara Sartika 0613053065}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20627/}, abstract = {Abstrak Latar belakang penelitian ini didasarkan dari pengamatan atau observasi, dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara yang ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SDN 4 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (Kemmis dalam Wiriaatmadja, 2007:62). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara, Kota Metro. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan instrumen, lembar obervasi dan kuesioner siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dan evaluasi hasil belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (\%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti selama penelitian tindakan yang berlangsung dalam 3 siklus siswa menyukai proses pembelajaran yang berlangsung. Dari analisa data menunjukkan bahwa penggunaan cooperative learning tipe STAD dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (70,71\%), siklus II (78,75\%), dan siklus III (86,25\%). Sedangkan hasil belajar juga meningkat dari siklus I (61,07), siklus II (66,01), dan siklus III (79,82).} }