%0 Generic %A DEVITA WULAN PERMATASARI , 1218011035 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:20655 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %T HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN INFORMASI DAN LAMA PELAYANAN FARMASI RESEP JADI DENGAN KEPUASAN PASIEN UMUM RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD JENDRAL AHMAD YANI %U http://digilib.unila.ac.id/20655/ %X ABSTRAK Latar Belakang : Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) merupakan satu-satunya unit di rumah sakit yang mengadakan perbekalan farmasi, mengelola dan menyalurkannya kepada pasien, bertanggungjawab atas semua perbekalan farmasi yang beredar di rumah sakit, serta bertanggung jawab atas pengadaan, pelayanan dan penyajian informasi obat bagi semua pihak di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pemberian informasi dan lama pelayanan farmasi resep jadi terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Jendral Ahmad Yani. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional, penelitian ini dilaksanakan di Instalasi Farmasi RSUD Jendral Ahmad Yani pada bulan September sampai Oktober 2015, dengan jumlah sampel 305 responden dengan  5% kemudian dilakukan uji statistic Chi Square. Hasil : Hasil Penelitian menunjukan pada lama pelayanan yang merasa cepat 85,9% dan kurang cepat 14,1%, pada pemberian informasi cukup 67,9% dan kurang cukup 32,1%, kemudian pada kepuasan pasien yang merasa puas 57,7% dan tidak puas 42,3%. Kesimpulan : Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara lama pelayanan dan pemberian informasi dengan kepuasan pasien. Kata Kunci : lama pelayanan, pemberian informasi, kepuasan pasien, farmasi ABSTRACT Background : Pharmacy installation is the only unit in the hospital that holds pharmaceutical supplies, manage and distribute it to the patient, which is responsible for all pharmaceuticals circulating in hospitals, as well as responsible for procurement, service and presentation of drug information for all parties at the hospital. The aim of this study is to determine the relationship between the provision of information and duration of prescription pharmacy services to general out patient satisfaction in Pharmacy Installation of Ahmad Yani Hospital. Method : The type of research is correlative analytic with cross sectional study approach, this study is conducted at Pharmacy Installation of Ahmad Yani Hospital on September until October 2015, with 305 respondents with  5% and tested with statistical Chi Square. Result : The results show the duration of service is 85.9% fast and less fast is 14.1%, the provision of enough information is 67.9% and 32.1% is less enough, then the patient satisfactory is 57.7% satisfied and 42.3% is not satisfied. Conclusion : In this study we conclude that there is a significant relationship between duration of service and the provision of information on patient satisfactory. Keywords : duration of service, provision of information, patient satisfaction, pharmacy