TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints20673 UR - http://digilib.unila.ac.id/20673/ A1 - Wasilatul Hikmah, 1013024067 Y1 - 2016/01/28/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model example non example terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIC di MTs N 3 Lampung Selatan yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran example non example yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model example non example berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator memberikan argumen dan melakukan induksi mengalami peningkatan dengan berbeda signifikan. Sedangkan melakukan deduksi mengalami peningkatan namun berbeda tidak signifikan. Selain itu, aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata eksperimen = 82,91 %; kontrol = 64,44 %. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, model pembelajaran example non example berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Model Pembelajaran Example Non Example. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -