%A (1218011057) GEMAYANGSURA %T HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG %X Kemampuan komunikasi yang harus dimiliki seorang dokter dapat dikembangkan dalam metode pembelajaran problem-based learning. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi adalah kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajaran problem-based learning mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian pada penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan crossectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehinnga didapatkan 169 sample. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner yaitu kuesioner kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober hingga November. Kemudian data dianalisis dengan uji gamma untuk menngetahui hubungan antara tingkat kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dengan hasil p=0,001dan r 0,690 yang berarti terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa responden paling banyak berada pada tingkat kepercayaan diri cukup dan memiliki kemampuan komunikasi dalam kategori cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam metode pembelajaran problem-based learning. Kata kunci: kemampuan komunikasi, percaya diri, problem-based learning ABSTRAK BAHASA INGGRIS Communication skills that must be owned by a doctor can be developed by problem-based learning method. One of factors that may affect communication skills is self confidence. The aim of this research is to know the correlation between self confidence and communication skills in problem-based learning method students of Medical Faculty Lampung University. The research method used in this research was analytic crossectional. Intake sample used the simple random sampling with inclusion and exclusion criteria, so that was got by 169 samples. Data collecting used the measuring instrument questionnaire, they are self confidence questionnaire and communication skills questionnaire. The research conducted in Oktober to November. Then data analyzed by using gamma test to know the relationship between self confidence and communication skills, the result was p=0,001 its means that there was a relationship between self confidence and communication skills. The research shown that most respondens have average self confidance and average communication skills. The result of this research was there was a relationship between self confidence and communication skills in problem-based learning method students of medical faculty Lampung University. Keywords: communication skills, problem-based learning, self confidence %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %L eprints20682