TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints20686 UR - http://digilib.unila.ac.id/20686/ A1 - EVA NUR LIZAR , 1218011046 Y1 - 2016/01/18/ N2 - Infeksi soil transmitted helminth (STH) adalah salah satu penyakit infeksi kecacingan yang sering terjadi di negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia. Infeksi STH pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak seperti gangguan perkembangan kognitif. Tingginya angka infeksi kecacingan pada anak, dan dampaknya menjadi suatu latar belakang untuk penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara infeksi STH terhadap perkembangan kognitif anak yang dinilai melalui tingkat kecerdasan dan prestasi akademik pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Pemeriksaan telur cacing dilakukan dengan metode apung. Pemeriksaan tingkat kecerdasan subjek penelitian dengan metode Raven Progressive Matrices dan penghitungan rerata rapor 2 tahun terakhir. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan didapatkan hasil 43,6% memiliki tingkat kecerdasan dibawah rata-rata, 25,6% memiliki kecerdasan rata-rata dan 30,8% memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Prestasi akademik yang baik pada siswa didapatkan sebanyak 48,7% dan prestasi buruk sebanyak 51,3% dengan hasil analisa Kolmogorov-smirnov pada analisa tingkat kecerdasan dengan p-value 0,999 dan analisa chi-square pada analisa prestasi akademik p-value 0,007 dengan OR 8,320. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara infeksi STH dengan tingkat kecerdasan, namun terdapat hubungan bermakna antara infeksi STH dengan prestasi akademik Kata kunci: Prestasi, Soil Transmitted Helminth, Kecerdasan ABSTRACT Infection of soil-transmitted helminths (STH) is a worm infection disease that often occurs in developing countries, one of which is Indonesia. STH infections in children can cause interference with the development of the child as cognitive development disorders. The high number of worm infection in children, and its impact becomes a background for this study aimed to find out is there a relationship between STH infections on cognitive development of children assessed through the level of intelligence and academic achievement in children. This research was conducted with cross sectional approach. Examination of worm eggs carried by the floating method. Examination of the level of intelligence of the subject of research by the method of Raven Progressive Matrices and calculating the average of the last report two years. Results of this study showed that the level of intelligence showed 43.6% have a level of intelligence below the average, 25.6% had average intelligence, and 30.8% had above average intelligence. Both on the academic achievement of students obtained 48.7% and 51.3% as poor performance by the Kolmogorov-Smirnov analysis results on the analysis of the level of intelligence with a p-value 0.999 and chi-square analysis on the analysis of academic achievement with a p-value 0.007 OR 8.320. The conclusions that can be drawn from this study is that there is no significant relationship between STH infection with the level of intelligence, but there is a significant relationship between STH infection with academic achievement Keywords: Achievement, Soil Transmitted helminths, Intelligence PB - FAKULTAS KEDOKTERAN TI - HUBUNGAN INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTH DENGAN TINGKAT KECERDASAN DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SD NEGERI 1 KRAWANG SARI, NATAR AV - restricted ER -