TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints20689 UR - http://digilib.unila.ac.id/20689/ A1 - AndriArdianto, 1113043006 Y1 - 2015/10/19/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran tari bedana di SMA Muhammadiyah 2 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan hasil pembelajaran tari bedana di SMA Muhammadiyah 2 Metro. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dan kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu 30 siswa dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan dokumentasi, tes praktik. Adapun aspek yang digunakan dalam penelitian tari bedana adalah wiraga, wirama, dan wirasa. Pembelajaran tari bedana menunjukan bahwa selama proses pembelajaran yang berlangsung selama delapan kali pertemuan, pembelajaran pada intrakurikuler tari bedana meliputi pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penilaian. Guru menggunakan satu metode yaitu metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode yang memperagakan ragam gerak tari bedana dan meminta siswa mengikuti bersama-sama. Hasil pembelajaran tari bedana dalam kegiatan intrakurikuler menggunakan aspek penilaian individu yaitu wiraga, wirama dan wirasa diperoleh rata-rata nilai 82,4 tergolong dalam kreteria baik sekali. Kata kunci: Pembelajaran, intrakurikuler, tari bedana. ABSTRAK BAHASA INGGRIS Problems in the research are the planning, implementation and evaluation of learning outcomes bedana dance in SMA Muhammadiyah 2 Metro. This study aims to describe the learning and learning outcomes of bedana dance in Senior High School Muhammadiyah 2 Metro. This research used the method of the study field and library. The approach conducted in this research is descriptive qualitative. The data source is 30 students and teachers of art and culture. Data collection techniques used in this research is the observation, interview, documentation and test practice. Research instrument using a guide observation, documentation, and test practice. As for the aspects used in the study of bedana dance arewiraga, wirasa, and wirama. Learning dance bedana showed that during the learning process, which lasted for eight times, learning dance intra curricural bedana includes planning, implementation, evaluation and assessment. Teachers used a method that is the demonstration method. Demonstration method is a method which performs a variety of dance movement?s bedana and asks students to follow along. The results of learning bedana dance in intra curricural activities used aspects of individual assessment, namely wiraga, wirasa and wirama obtained average value of 82.4 belongs in bestcriteria. Keywords: learning, intra curricular, bedana dance. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 METRO AV - restricted ER -