%A 1323011007 DILA SAKTIKA NEGARA %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO DAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT AR-RAIHAN BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK DILA SAKTIKA NEGARA Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar matematika menggunakan media edmodo dan lembar kerja peserta didik, ditinjau dari motivasi peserta didik kelas VIII SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data didapatkan bahwa data berdistribusi tidak normal.Sehingga pengujian hipotesis menggunakan uji Non Parametrik Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan lembar kerja peserta didik; (2) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan media lembar kerja peserta didik; (3) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi rendah yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan media lembar kerja peserta didik; (4) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah; (5) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi dengan kelompok motivasi rendah yang menggunakan edmodo; (6) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi dengan kelompok motivasi rendah yang menggunakan lembar kerja peserta didik. Kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, matematika. ABSTRACT This research aims to find differences in mathematics learning outcomes using edmodo and worksheetin 8 th grade Islamic High School Ar-Raihan Bandar Lampung. The method used in this research was experimental. Based on the result of data analysis prerequisite test showed that the data are not normally distributed.So the hypothesis testing using non-parametric Mann Whitney. The results showed: (1) there are no differences in learning outcomes of students who use edmodo and worksheet; (2) there are differences in learning outcomes of students highly motivation group who using edmodo and worksheet; (3) there are no differences in learning outcomes of students low motivation group who using edmodo and worksheet; (4) there are differences in learning outcomes of students highly motivation group and low motivation group; (5) there are differences in learning outcomes of students highly motivation group and low motivation group who using edmodo; (6) there are differences in learning outcomes of students highly motivation group and low motivation group who using worksheet. Keywords: learning outcomes, learning motivation, mathematics. %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints20691