%A Harjanto Ambyah %J PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISHION DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIF BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X OTOMOTIF SMK NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG %T Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Student Team Achievement Divishion Dengan Memperhatikan Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas X Otomotif SMK Negeri 5 Bandar Lampung %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan; (1) interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motif berprestasi dengan prestasi belajar matematika, (2) perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD, (3) perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD pada kelompok siswa dengan motif berprestasi tinggi, (4) perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD pada kelompok siswa dengan motif berprestasi rendah. Penelitian dengan metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Otomotif SMK Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Sampel berjulmah 62 siswa diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang tes dan angket. Uji coba instrumen menggunakan validitas isi, dan reliabelitas. Data diuji dengan analisis varians dua arah (ANOVA) dan uji t. Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada interaksi antara pembelajaran kooperatif dan motif berprestasi dengan prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 6,203 > Ftabel (0,05) = 4.01; (2) prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah atau sama dengan STAD dengan Fhitung = 0.057 < Ftabel (0,05) = 4.01; (3) pada siswa dengan motif berprestasi tinggi prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan, dengan thitung = 1,72 > ttable (0,05) = 1.67; (4) pada siswa dengan motif berprestasi rendah prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah dibandingkan STAD, dengan thitung = -7,82 < ttabel (0,05) = 1.67. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, motif berprestasi, prestasi belajar matematika The aim of this study is to describe: (1) the interaction between cooperative learning and achievement motivation towards mathematics achievement, (2) the differences between students? mathematics achievement who learned through Cooperative Learning Type GI and STAD, (3) the differences between students? mathematics achievement who learned through cooperative Learning Model Type GI and STAD on students with high achievement motivation, (4) the differences between students? mathematics achievement who learned through cooperative Learning Model Type GI and STAD on students with low achievement motivation. In conducting the research, the writer used experimental method of factorial design of 2 x 2. The populations of the research were the students at the second semester of the tenth class of Automatic Program of State Vocational High School 5 Bandar Lampung of 2011/2012 academic year. The total samples of the research were 62 students. In getting the samples of the research, the writer used cluster random sampling technique. In getting the data of the research, the writer used test and questionnaires. In analyzing the data, the writer used two-way analysis of variance (ANOVA) and t-test. Based on the data analysis, the writer concludes as follows: (1) there is an interaction between cooperative learning and achievement motivation towards students? mathematics achievement, with Ftest = 6.203 > Ftable (0,05) = 4.01; (2) the cooperative learning model of GI type give lower mathematics achievement than cooperative learning model of STAD type with Ftest = 0.057 < Ftable (0,05) = 4.01; (3) on students with higher achievement motivation, the cooperative learning model of GI type gives mathematics achievement is higher than STAD type, with ttest = 1,72 > ttable (0,05) = 1.67; (4) on students with lower achievement motivation, the cooperative learning model of GI type gives mathematics achievement is lower than STAD type, with ttest = -1.82