?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBEDAAN+HASIL+BELAJAR+IPS+TERPADU+ANTARA+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+NUMBERED+HEAD+TOGHETHER+(NHT)+DAN+SNOWBALL+THROWING+(ST)+DENGAN+MEMPERHATIKAN+SIKAP+SISWA+TERHADAP+PEMBELAJARAN+PADA+SISWA+KELAS+VIII+DI+SMP+YP+17+BARADATU+WAYKANAN+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013&rft.creator=Abidin%2C+WAHYU+ZATNIKA&rft.subject=HB+Economic+Theory&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+hasil+belajar+dan+kurangnya+aktivitas+siswa+di+dalam+pembelajaran+IPS+pada+kelas+VIII+SMP+YP+17+Baradatu+Way+Kanan.Berdasarkan+hasil+observasi%2C+hal+tersebut+dikarenakan+kurangnya+partisipasi+aktif+siswa+dalam+pembelajaran.+Dalam+aktivitas+belajar%2C+siswa+masih+menjadi+pihak+yang+pasif+yang+hanya+menerima+informasi+dari+guru+tanpa+punya+inisiatif+untuk+menambah+wawasan+materi+pada+sumber+belajar+lain%2C+mengungkapkan+pendapat+dan+mengajukan+pertanyaan+kepada+guru+tentang+hal+yang+belum+dipahami%2C+sehingga+siswa+mengalami+kesulitan+dalam+memahami+materi+yang+diajarkan.+Untuk+mengatasi+permasalahan+tersebut+dilakukan+upaya+dengan+menerapkan+model+kooperatif+tipe+Numbered+Head+Together+(NHT)+dan+Model+kooperatif+tipe+ST+dengan+memperhatikan+sikap+siswa+terhadap+pembelajaran+sebagai+variable+moderatornya.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbandingan+hasil+belajar+IPS+siswa+yang+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+NHT+dengan+siswa+yang+pembelajaranya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+ST.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian+eksperimen+dengan+pendekatan+komparatif+yang+dilakukan+terhadap+dua+kelas+sampel+yang+dipilih+dengan+metode+clutster+random+sampling+dengan+diberikan+perlakuan+berbeda.+Teknik+pengambilan+data+yaitu+dengan+observasi%2Cdokumentasi%2Ctes+hasil+belajar%2Cdan+angket.Pengambilan+data+dengan+angket+menggunakan+skala+rating+scale.+data+dianalisis+untuk+menguji+hipotesis+dengan+menggunakan+uji+T-test+Independent+dan+uji+Analisis+Varian+Dua+Jalan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukan%3B%0D%0A1.+ada+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+IPS+Terpadu+siswa+antara+yang+diajar+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+NHT+dengan+rata-rata+hasil+belajar+IPS+Terpadu+siswa+yang+diajar+menggunakan+model+pembelajaran+ST.+Hal%0D%0Atersebut+dibuktikan+dari+Pengujian+hipotesis+pertama+dengan+menggunakan+rumus+Analisis+Varian+Dua+Jalan%2C+diperoleh+Fhitung+5%2C190+dan+Ftabel+4%2C10+dengan+kriteria+pengujian+hipotesis+Ha+diterima+jika+Fhitung+%3E+Ftabel.%0D%0A2.+rata-rata+hasil+belajar+IPS+Terpadu+pada+siswa+yang+memiliki+sikap+positif+yang+diajar+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+NHT+lebih+tinggi+dibandingkan+hasil+belajar+IPS+Terpadu+yang+diajar+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+ST.+Hal+ini+dibuktikan+melalui+uji+hipotesis+kedua+ternyata+Ha+diterima+dan+Ho+ditolak+dengan+menggunakan+uji+T-test+diperoleh+thitung+3%2C335+%3E+ttabel+2%2C10+dengan+kriteria+pengujian+Ha+ditolak+jika+thitung+%3C+ttabel.%0D%0A3.+rata-rata+hasil+belajar+IPS+Terpadu+pada+siswa+yang+memiliki+sikap+negatif+terhadap+mata+pelajaran+yang+diajar+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+NHT+lebih+tinggi+dibandingkan+yang+diajar+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+STHal+ini+dibuktikan+melalui+uji+hipotesis+kedua+ternyata+Ha+ditolak+dan+Ho+diterima+dengan+menggunakan+uji+T-test+diperoleh+thitung+1%2C077+%3C+ttabel+2%2C10+dengan+kriteria+pengujian+Ha+ditolak+jika+thitung+%3C+ttabel.%0D%0A4.+Tidak+terdapat+interaksi+antara+model+pembelajaran+dengan+sikap+siswa+dapatdibuktikan+dengan+pengujian+hipotesis+ke+empat+diperoleh+Fhitung+1%2C400+%3C+Ftabel+4%2C10+berarti+hipotesis+ditolak.%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar%2C+model+pembelajaran+kooperatif%2C+NHT%2C+ST%2C+Sikap+Siswa&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F3%2FHAL%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F4%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F7%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F8%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F9%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Abidin%2C+WAHYU+ZATNIKA++(2013)+PERBEDAAN+HASIL+BELAJAR+IPS+TERPADU+ANTARA+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+NUMBERED+HEAD+TOGHETHER+(NHT)+DAN+SNOWBALL+THROWING+(ST)+DENGAN+MEMPERHATIKAN+SIKAP+SISWA+TERHADAP+PEMBELAJARAN+PADA+SISWA+KELAS+VIII+DI+SMP+YP+17+BARADATU+WAYKANAN+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F207%2F