@misc{eprints20706, month = {Januari}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ASESMEN IF-AT (Immediate Feedback Assessment Technique) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Team Game Tournament)}, author = {(1113031032) Henitiya Pertiwi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20706/}, abstract = {Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu aspek yang diduga mempengaruhi hal tersebut adalah kurang optimalnya kegiatan penilaian oleh guru yang masih menggunakan soal pilihan ganda konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas teknik penilaian IF-AT terhadap prestasi belajar melalui model pembelajaran tipe TGT, pokok bahasan Ketenagakerjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 919 siswa dengan sampel sebanyak 34 siswa (1 kelas). Sampel diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan T ? Test Sampel Independen. Hasil Penelitian: (1) Ada pengaruh penggunaan teknik asesmenIF-AT terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) Penerapan teknik asesmen IF-AT lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung 6,074 {\ensuremath{>}} t tabel 1,697 yang ditunjukkan dengan regresi linier sederhana dengan koefisien determinasi ( ) 0,569 atau 56,9\% dengan kata lain prestasi belajar dipengaruhi teknik asesmen IF-AT sebesar 56,9\% dan sisanya 43,1\% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: IF-AT, prestasi belajar, TGT} }