%A Rio Mulyanto 0513022008 %J Digital Library %T PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF (SBEI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (PTK Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Natar TP 2011/2012) %X Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Natar melalui wanwancara pada guru mata pelajaran fisika dan penyebaran angket kepada siswa diketahui bahwa pembelajaran fisika yang diterapkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang terbatas pada penjelasan materi, memberi contoh soal, dan latihan menyelesaikan soal. Dengan kondisi seperti ini diperoleh informasi bahwa minat siswa menjadi rendah untuk belajar fisika. Hal ini berpengaruh juga pada sikap siswa yang tidak dibiasakan untuk belajar dalam kelompok. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan aktivitas adalah pembelajaran dengan penerapan model Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan Model Siklus Belajar EmpirisInduktif (SBEI) pada pokok bahasan Gerak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Natar yang berjumlah 41 orang, yang terdiri dari 11 siswa lakilaki, dan 23 siswa perempuan. Rio Mulyanto Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh minat siswa sebesar 69,88%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,57 % menjadi 77,57. aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,72%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 21,60% menjadi 84,32% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa; (i) kognitif siswa pada Pada siklus I sebesar 41,85% tergolong kurang baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 19,61% menjadi 61,46% tergolong cukup baik. (ii) afektif siswa pada siklus I sebesar 74% tergolong cukup baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 3% menjadi 77% tergolong baik. (iii) psikomotor siswa pada siklus I sebesar 66,22% tergolong baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 6,78% menjadi 73% tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI).dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: minat, aktivitas, hasil belajar siswa %D 2012 %L eprints20767