TY - JOUR ID - eprints20782 UR - http://digilib.unila.ac.id/20782/ A1 - 1013069066, LELI MARGUSTINA Y1 - 2016/02/01/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Penengahan Tanjung Karang Pusat Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pembelajaran matematika tentang bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan tes pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata siklus I 56,96 dan 98,75 pada siklus II. Kemudian nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata siklus I 70,62 dan pada siklus II 83,28. Sedangkan ketuntasan belajar di siklus I berjumlah 11 siswa (34,37%) meningkat pada siklus II menjadi 31 siswa (97%) dari 32 siswa. Kata kunci: aktivitas, prestasi belajar kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD). JF - Digilib Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PENENGAHAN TANJUNG KARANG PUSAT BANDAR LAMPUNG AV - public ER -