@article{eprints20799, title = {HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, author = {Gummanti Alfiando 0713031029}, year = {2012}, journal = {Digital library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20799/}, abstract = {Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari atas ilmu yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar antara lain minat dan cara belajar. Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif asosiatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 225 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus Slovin sebanyak 1 44 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi multiple. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut. 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 675 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung {\ensuremath{>}} ttabel yaitu 10,893 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima. 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 760 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung {\ensuremath{>}} ttabel yaitu 13,932 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima. 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple sebesar 0,818 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung {\ensuremath{>}} F tabel yaitu sebesar 142,270 dan 3,065 yang berarti hipotesis diterima.} }