%0 Journal Article %A 0743022025, Feryco Candra %D 2012 %F eprints:20803 %J Digital Library %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI %U http://digilib.unila.ac.id/20803/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran interaktif model drill and practice dibandingkan dengan media pembelajaran model tutorial dan model simulasi. Serta perbandingan Keterampilan Proses Sains siswa antara siswa yang diterapkan media pembelajaran interaktif model tutorial dibandingkan dengan siswa yang diterapkan media pembelajaran model simulasi dalam pembelajaran Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuasi Eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIIIa,VIIIb dan kelas VIIIc SMP N 12 Bandar Lampung dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan tes objektif pilihan jamak untuk pretest dan posttest dan pengujian hipotesis menggunakan one way anova sedangkan pada Keterampilan Proses sains Analisis data KPS menggunakan data skor observasi pada proses pembelajaran dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Feryco candra Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Driil dan Practice 0,76 (kategori tinggi), Kelas tutorial rata-rata N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang) sedangkan pada kelas Simulasi, diketahui rata-rata N-gain sebesar 0,68 (kategori tinggi). Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yang berarti pada kelas driil dan practice dengan kelas tutorial. Pada aspek KPS diperoleh rata-rata skor KPS siswa pada kelas Tutorial sebesar 59,8 dan kelas simulasi sebesar 65, 8 dan keduanya mendapat kategori baik didukung dengan uji independent sample T-test, dari Tabel didapat nilai t hitung (equal variance assumed) adalah -0,831 dan t Tabel sebesar 1.998 maka Nilai thitung < t Tabel (-0,831 < 1,998) dan P value (0,409 > 0,05) maka Ho diterima Oleh karena nilai t hitung < t Tabel (-0,831 < 1,998) dan P value (0,409 > 0,05) maka Ho diterima, artinya bahwa tidak ada perbedaan antara rata-rata skor KPS kelas tutorial dengan rata-rata skor KPS kelas simulasi. Kata kunci: KPS, Model Drill And Practice, Multimedia Interaktif, Model Tutorial, Model Simulasi, SMP, Hasil Belajar, Media Pembelajaran.