title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Natar Tahun Pelajaran 2011/2012) creator: 0743024007, Anggi Lianasari subject: description: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar dengan menggunakan model Group Investigation. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.4 dan X.9 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari rata-rata tes awal dan rata-rata tes akhir, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 62,54 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 53,11. Anggi Lianasari iii Indikator kemampuan berpikir kritis dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI yakni indikator penjelasan, interpretasi, dan inferensi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI juga mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II, dengan rata-rata peningkatan 11,59% lebih tinggi daripada yang menggunakan metode diskusi yaitu 7,29%, aspek kemampuan berdiskusi/ bekerjasama merupakan aktivitas dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok keanekaragaman hayati. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe GI, kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, keanekaragaman hayati date: 2012 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/1/2.%20ABSTRAKku.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/2/1.%20COVER%20LUARku.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/3/3.%20COVER%20DALAMku.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/4/4.%20PERSETUJUAN%20ku.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/5/5.%20PENGESAHANku.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/6/6.%20PEMBUKAANku.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/7/Daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/8/ix.pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/9/xviii%20daftar%20gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/10/xv-xvii%20daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/11/bab%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/12/bab%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/13/bab%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/14/bab%20IV_edit.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/15/bab%20v.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20805/16/DAFTAR%20PUSTAKA%20new%20edit.pdf identifier: 0743024007, Anggi Lianasari (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Natar Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/20805/