%0 Journal Article %A 0743024046, Riza Tresyia Merta %D 2012 %F eprints:20809 %J Digital Library %T PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/20809/ %X Penguasaan konsep adalah kemampuan siswa menguasai materi pelajaran yang diberikan. Namun, hasil observasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa pada materi pokok sistem pernapasan masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan bahan ajar Leaflet dengan model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahan ajar leaflet dengan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pretest postest kelompok equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dihitung selisihnya dan diperoleh N-Gain kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Data kualitatif berupa penguasaan konsep oleh siswa, data aktivitas belajar RIZA TRESYIA MERTA ii siswa dan angket tanggapan siswa terhadap kemenarikan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara nilai pretest dan postes yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen I yaitu sebesar 68,72, sedangkan kelas eksperimen II sebesar 30,03. Aspek penguasaan konsep yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek pemahaman (C2) pada kelas eksperimen I sebesar 96,25 sedangkan kelas eksperimen II sebesar 68,54, ratarata aspek penguasaan konsep terendah yaitu pada aspek menganalisis (C4) pada kelas eksperimen I sebesar 59,17 sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 22,64. Selain itu rata-rata aktivitas siswa berkriteria tinggi pada aspek bekerja sama dalam kelompok, bertanya, bertukar informasi dan presentasi, selanjutnya berdasarkan data angket kemenarikan bahan ajar leaflet, 100% siswa menyatakan bahwa penggunaan leaflet lebih memudahkan saya untuk membacanya daripada yang berbentuk buku, ukuran font dalam leaflet dapat terbaca dengan baik, mudah dipahami dan tidak membosankan. Dengan demikian, Penggunaan bahan ajar leaflet dengan model pembelajaran STAD berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 6 Bandar lampung pada materi pokok Sistem Pernapasan. Kata kunci : Lefleat, Materi Sistem Pernapasan, Penguasaan konsep, STAD