%A Theodora Agatha Annisa Amwa 0743024048 %J Digital Library %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH OLEH SISWA PADA MATERI PEMCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa kelas X Semester Genap SMA Gajah Mada Bandar Lampung T.P 2011/2012) %X Hasil observasi dan wawancara pada guru biologi SMA Gajah Mada Bandar lampung, bahwa guru masih menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan siswa kurang mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Untuk itu diperlukan alternatif model pembelajaran yang membuat siswa aktif berfikir untuk memecahkan suatu masalah yaitu model pembelajaran generatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan memecahkan masalah oleh siswa pada materi pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan pada siswa kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak Theodora Agatha Annisa Amwa iii dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes (pretest dan postest) dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t dengan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan memecahkan masalah oleh siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 56,40 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu 39,24. Indikator keterampilan memecahkan masalah dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model pembelajaran generatif yakni indikator merumuskan masalah, merumuskan hipotesa, dan mencocokan hipotesa. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif juga mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II, dengan rata-rata peningkatan 12,12%, aspek kemampuan berdiskusi dan membuat kesimpulan merupakan aktivitas dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran generatif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan. Kata kunci: Model pembelajaran generatif, keterampilan memecahkan masalah, aktivitas belajar, pencemaran lingkungan, pelestarian lingkungan. %D 2012 %L eprints20810