%0 Journal Article %A 0813022026, Elvi Rarani %D 2012 %F eprints:20821 %J Digital Library %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA METODE TANYA JAWAB DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING %U http://digilib.unila.ac.id/20821/ %X Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dan lebih baik menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode tanya jawab dan diskusi. Hasil belajar kognitif produk diukur dari nilai rata-rata hasil test formatif sedangkan hasil belajar kognitif proses diukur dari pencapaian indikator penilaian proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan rata-rata hasil belajar antara metode tanya jawab dengan metode diskusi pada pembelajaran inkuiri terbimbing dan (2) rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi antara metode tanya jawab dengan metode diskusi pada pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas dan SMP Negeri 2 Gedong Tataan yang berjumlah 60 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan materi gaya dan penerapannya . Elvi Rarani iii Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data test hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan metode Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar dilakukan dengan uji Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1 ) rata-rata hasil belajar pada pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode tanya jawab berbeda dengan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode diskusi dan (2) pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode diskusi lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika, dibandingkan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode diskusi. Hal ini didukung oleh perolehan skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas inkuiri terbimbing dengan metode diskusi sebesar 75,77 dan kelas inkuiri terbimbing dengan metode tanya jawab sebesar 62,80. Kata kunci : inkuiri terbimbing, tanya jawab, diskusi, dan hasil belajar.