@article{eprints20827, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Tahun Ajaran 2011/2012)}, author = {Dewi Eka Susilowati 0813024022}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/20827/}, abstract = {Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu tuntutan hasil belajar yang harus dimiliki oleh siswa sekolah menengah. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelasX SMA Negeri 1 Seputih Raman, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa belum dikembangkan secara optimal. Hali ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode/model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan kombinasi media kartu bergambar dengan model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang didukung dengan data kualitatif berupa data aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (eksperimen = 79,22; kontrol = 61,66) dan berbeda secara signifikan. Hal ini tampak dari hasil uji persamaan dan perbedaan dua rata-rata terhadap N-gain yang menunjukkan bahwa t hitung {\ensuremath{>}} ttabel sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran Examples Non Examples pada materi pokok Keanekaragaman Hayati berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kata kunci : Media kartu bergambar, model pembelajaran Examples Non Examples, kemampuan berpikir kreatif, Keanekaragaman Hayati.} }