%0 Generic %A VIYANA , 1216051101 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:20834 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP LABEL PRODUK DALAM PROSES ADOPSI PANGAN (STUDI PADA KONSUMEN MINYAK GORENG KEMASAN) %U http://digilib.unila.ac.id/20834/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan tingkat pengetahuan konsumen di desa dan kota dalam proses adopsi pangan dan sikap konsumen terhadap label produk. Tipe penelitian ini adalah komparatif yang bersifat membandingkan. Populasi dalam penelitian adalah konsumen ibu rumah tangga yang tinggal di Dusun Sarirejo, Desa Natar, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan dan konsumen ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Panjang Selatan, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung dengan jumlah sampel di kota sebanyak 50 responden dan di desa sebanyak 50 responden, yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah SPSS – Compere Means – Independent Sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan konsumen di desa dan di kota dalam proses adopsi pangan dan menunjukkan bahwa adanya perbedaan sikap konsumen terhadap label produk dalam proses adopsi pangan. Kata Kunci : Desa dan Kota, Ibu Rumah Tangga, Label Produk, Proses Adopsi Pangan, Tingkat Pengetahuan Konsumen. abstract This study aims to determine whether or not differences in the level of consumer knowledge in villages and towns in the process of adoption of consumer attitudes towards food and product labels . This type of research is a comparative nature to compare . The population is consumers housewife who lived in the hamlet Sarirejo , village Natar , District Natar , South Lampung and consumers housewife who lives in the Village of Long South , District Long , Bandar Lampung with the number of samples in the city of 50 respondents and in the village of 50 respondents , taken using purposive sampling method . Analysis of the data used is SPSS - compere Means - independent sample t test . The results showed there are differences in the level of consumer knowledge in the village and in the city in the process of adoption of food and shows that the difference in consumer attitudes towards labeling of food products in the process of adoption . Keywords: Adoption Process Food, Housewife, Knowledge Level Consumer Product Label, , Villages and Towns.