creators_name: Riantimala, 1113033050 creators_id: riantimala26@yahoo.com type: other datestamp: 2016-02-04 03:21:31 lastmod: 2016-02-04 03:21:31 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAHKELAS X.2DI SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: HN subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan penelitian pendahuluan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Sejarahdi SMA Utama 2 Bandar Lampung hanya 6 sampai 8 siswa yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan Model Pembelajaran Group to Group Exchange yang menuntut siswa berpikir tentang apa yang dipelajari, berdiskusi dengan teman, kemudian membagi pengetahuan yang telah diperoleh kepada yang lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchangeterhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada Mata PelajaranSejarahkelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung, 2) Seberapa besartaraf signifikan pengaruh model pembelajaranGroup to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada Mata PelajaranSejarahkelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung.Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruhmodel pembelajaran Group to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswapada Mata Pelajaran Sejarahkelas X.2 SMA Utama 2 Bandar Lampung, 2)Untuk mengetahui besar taraf signifikan dari pengaruh model pembelajaranGroup to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada Mata PelajaranSejarahkelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Postest.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan rumus Uji-t dan rumus korelasi pearson. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakanrumus Uji-tdiperoleh hasil yaitu thitung(10,93)>ttabel (1,71) dan hasil perhitungan korelasi pearson adalah 0,494,dari penelitian ini disimpulkan bahwa1) ada pengaruh dari model pembelajaranGroup to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa kelas X.2 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015,2) besar taraf signifikanpengaruh model pembelajaranGroup to Group Exchange adalah 0,494 yang jika dimasukkan ke tabelkoefisien korelasi termasuk dalam kategori “cukup”. date: 2015-12-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Riantimala, 1113033050 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAHKELAS X.2DI SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/71/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/6/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/4/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/8/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/101/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/12/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/13/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/107/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20836/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf