TY - JOUR ID - eprints20855 UR - http://digilib.unila.ac.id/20855/ A1 - 0813031031, Gika Nugraha Pratama Y1 - 2012/// N2 - Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 21 Bandar Lampung diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah, yaitu dari sebanyak 227 siswa, hanya 78 siswa atau 34,36% yang mendapatkan nilai lebih dari 70. Dengan kata lain, hanya 34,36% bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantara banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor disiplin belajar, aktivitas belajar dan perhatian orang tua memiliki peranan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin belajar, aktivitas belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 227 orang dengan sampel 143 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,216 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 6,235 sedangkan ttabel = 1,977, ini berarti thitung > ttabel. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,235 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 6,569 sedangkan ttabel = 1,977, ini berarti thitung > ttabel. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,241 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 6,691 sedangkan ttabel = 1,977, ini berarti thitung > ttabel. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar, aktivitas belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh Rē= 0,553, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 57,369 sedangkan Ftabel = 2,669, ini berarti Fhitung >Ftabel. Kata kunci: Disiplin Belajar, Aktivitas Belajar, Perhatian Orang Tua dan Hasil Belajar IPS Terpadu JF - Digital Library TI - PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -