%A MEYTA PRITANDHARI 0813031039 %J Digital Library %T PENGARUH PERSEPSI SISW KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SEMESTER GANJIL Pembimbing I Pembimbing II Pembahas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU, DAN METODE GURU DALAM MENGAJAR HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 10 METRO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Proses belajar mengajar siswa akan menimbulkan persepsi siswa terkait dengan penglihatannya terhadap seorang guru. Dalam proses belajar mengajar mempunyai tujuan akhir yaitu pencapaian hasil belajar yang baik. Pada umumnya semakin baik proses belajar mengajar maka akan semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang keterampilan guru, kreativitas guru, dan metode guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru, kreativitas guru, dan metode guru dalam mengajar SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Metro sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 97 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 78 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tentang persepsi siswa tentang keterampilan guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 4 ,297 > 1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,442 dan koefisien determinasi (r?) sebesar 0,196 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru sebesar 19,6% dan sisanya 80,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tentang persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 4 ,624 > 1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,469 dan koefisien determinasi (r?) sebesar 0,220 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh kreativitas guru sebesar 22% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 4,863 >1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,487 dan koefisien determinasi (r?) sebesar 0,237 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode guru dalam mengajar sebesar 23,7% dan sisanya 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru, kreativitas guru, dan metode guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012.Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 22,694 > 2,728 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,593 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,407 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru, kreativitas guru, dan metode guru dalam mengajar sebesar 40,7% dan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh ketiga variabel ini merupakan faktor yang lebih dominan yang mempengaruhi hasil belajar. %D 2012 %L eprints20856