%A Nia Puspita Sari 0813031040 %J Digital Library %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 METRO PELAJARAN 2011/2012 %X Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) jika dikaitkan dengan kemampuan awal yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada kelas kontrol. Pada kedua kelas yang menjadi sampel penelitian tersebut terdapat siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 212 orang siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, dengan sampel sebanyak 60 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan teknik tes. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan pengujian hipotesis 2 dan 3 menggunakan rumus t-test separated varians. Hasil penelitian menunjukan (1) pada pengujian hipotesis pertama diperoleh Fhitung 9,351 dan Ftabel 4,02, menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel , maka hipotesis diterima. (2) pada pengujian hipotesis kedua diperoleh thitung 3,437 dan ttabel 2,048, menunjukan bahwa thitung > ttabel , maka hipotesis diterima. (3) pada pengujian hipotesis ketiga diperoleh thitung 1.706 dan ttabel 2,048, menunjukan bahwa thitung < ttabel , maka hipotesis ditolak . (4) pada pengujian hipotesis keempat diperoleh Fhitung 0,310 dan Ftabel 4,02, menunjukan bahwa Fhitung < Ftabel berarti hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. 2. Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. 3. Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. 4. Tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together (NHT) serta Kemampuan Awal. %D 2012 %L eprints20857