TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2089 UR - http://digilib.unila.ac.id/2089/ A1 - Sairi,, AKHMAD HASTOMO Y1 - 2014/06/05/ N2 - Dalam perancangan dan model pondasi yang digunakan untuk mendukung tangki pada umumnya mengalami perubahan sesuai kebutuhan. Kebutuhan yang diinginkan dan menjadi target utama adalah peningkatan efisiensi dan keamanan tangki serta mampu memberikan informasi yang akurat terhadap kinerja tangki yang ada diatas pondasi. Proses perencanaan pelat dan profil baja tangki penimbun bahan bakar minyak sangat penting, karena menyangkut optimasi penggunaan material. Dalam penelitian ini dasar atau pijakan pemikiran yang digunakan adalah merancang dan menghitung sistem konstruksi pondasi laba-laba untuk menampung beban tangki BBM kapasitas 10000 kilo liter, namun dilakukan pemodelan untuk memberikan modifikasi demi tercapainya efisiensi dan efektifitas struktur pondasi laba-laba. Sampel tanah yang diuji pada penelitian ini yaitu tanah pasir berlempung yang berasal dari daerah Pertamina Panjang, Bandar Lampung. Setelah dilakukan pengujian fisik tanah dilanjutkan dengan membuat pembebanan dengan menggunakan program SAP 2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari pembebanan dengan menggunakan SAP 2000 didapatkan nilai momen maksimum sebesar 70911 Knm, dan didesain menggunakan tulangan D16-200. Jadi hasilnya sangat akurat dan dapat dipakai untuk pembuatan pile cap pada Konstruksi Sarang Laba-Laba. Setelah itu melakukan analisis terhadap daya dukung tanah didapat hasil sebesar 153,6011 t/mē. Kata Kunci : Konstruksi Sarang Laba-Laba, pondasi, daya dukung, pembebanan PB - FAKULTAS TEKNIK TI - ANALISA PERANCANGAN DAN PERHITUNGAN KONSTRUKSI SARANG LABA-LABA DIMODIFIKASI UNTUK BEBAN SKALA BESAR (Studi Kasus Tangki BBM Kapasitas 1.000.000 liter) AV - restricted ER -