?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+KELAS+XI+IPS+3+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+DI+SMA+NEGERI+1+WAY+TENONG+KABUPATEN%0D%0ALAMPUNG+BARAT+TAHUN+AJARAN%0D%0A2014%2F2015&rft.creator=Shinta+Anggraini%2C+1113033058&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Pembelajaran+merupakan+bagian+dari+pendidikan%2C+yang+didalamnya+ditunjang+oleh+berbagai+unsur-unsur+pembelajaran+antara+lain%2C+tujuan%2C+materi+pelajaran%2C+sarana+prasarana%2C+situasi+atau+kondisi+belajar%2C+media+pembelajaran%2C+lingkungn+belajar%2C+model+pembelajaran%2C+serta+evaluasi.+Kesemua+unsur-unsur+pembelajaran+tersebut+sangat+mempengaruhi+keberhasilan+proses+belajar+mengajar+untuk+meningkatkan+prestasi+belajar.%0D%0ABerdasarkan+latar+belakang+diatas%2C+maka+rumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+adalah+1)+Apakah+ada+pengaruh+yang+signifikan+dari+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+dalam+upaya+meningkatkan+hasil+belajar+kognitif+siswa+kelas+XI+IPS+3+pada+mata+pelajaran+sejarah+di+SMA+Negeri+1+Way+Tenong+Kabupaten+Lampung+Barat+Tahun+Ajaran+2014%2F2015%3F.+2)+Seberapa+besarkah+taraf+siginifkansi+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+dalam+upaya+meningkatkan+hasil+belajar+kognitif+siswa+kelas+XI+IPS+3+pada+mata+pelajaran+sejarah+di+SMA+Negeri+1+Way+Tenong+Kabupaten+Lampung+Barat+Tahun+Ajaran+2014%2F2015%3F.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+metode+Pre-Exsperimental+dengan+tipe+One+Group+Pretest-Posttest+Design.+Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+keseluruhan+populasi+yang+ada%2C+yaitu+seluruh+siswa+kelas+XI+IPS+3.+Sampel+yang+digunakan+adalah+teknik+Sampling+Jenuh.+Teknik+pengumpulan+data+yang+digunakan+adalah+tes.+Selanjutnya%2C+untuk+mengetahui+besarnya+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+terhadap+hasil+belajar+dilakukan+analisis+data.+Teknik+analisis+data+dalam+penelitian+ini+adalah+analisis+data+kuantitatif+deskriptif+dengan+dilakukan+uji+analisis+data+dengan+rumus+uji+t+dan+rumus+korelasi.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa%3A+1)+Ada+pengaruh+yang+signifikan+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+terhadap+peningkatan+hasil+belajar+ranah+kognitif+siswa+kelas+XI+IPS+3+pada+mata+pelajaran+sejarah+di+SMA+Negeri+1+Way+Tenong%2C+2)Besarnya+taraf+signifikansi+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+terhadap+peningkatan+hasil+belajar+ranah+kognitif+siswa+kelas+XI+IPS+3+pada+mata+pelajaran+sejarah+sebesar+0.46+yang+jika+dimasukkan+kedalam+tabel+interpretasi+korelasi+termasuk+kedalam+kategori+sedang.&rft.publisher=FKIP&rft.date=2016-01-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F3%2FMENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F4%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F8%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F12%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F13%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F14%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F15%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F16%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Shinta+Anggraini%2C+1113033058++(2016)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+KELAS+XI+IPS+3+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+DI+SMA+NEGERI+1+WAY+TENONG+KABUPATEN+LAMPUNG+BARAT+TAHUN+AJARAN+2014%2F2015.++FKIP%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F20893%2F