%0 Generic %A Shinta Anggraini, 1113033058 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:20893 %I FKIP %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/20893/ %X Pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan, yang didalamnya ditunjang oleh berbagai unsur-unsur pembelajaran antara lain, tujuan, materi pelajaran, sarana prasarana, situasi atau kondisi belajar, media pembelajaran, lingkungn belajar, model pembelajaran, serta evaluasi. Kesemua unsur-unsur pembelajaran tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adalah 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Ajaran 2014/2015?. 2) Seberapa besarkah taraf siginifkansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Ajaran 2014/2015?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Exsperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 3. Sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Selanjutnya, untuk mengetahui besarnya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dilakukan analisis data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus uji t dan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Way Tenong, 2)Besarnya taraf signifikansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah sebesar 0.46 yang jika dimasukkan kedalam tabel interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori sedang.