%0 Generic %A Sudirman Edy (Alm.), ALDINO PRATAMA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2091 %I FAKULTAS TEKNIK %T KAJIAN TEKNIS DAN BIAYA REVITALISASI JALUR KERETA API DARI STASIUN PIDADA SAMPAI PELABUHAN PANJANG %U http://digilib.unila.ac.id/2091/ %X Revitalisasi adalah proses, cara, dan upaya menghidupkan kembali sesuatu hal yang sebelumnya kurang berguna menjadi berguna kembali. Provinsi Lampung sebagai penghasil hasil perkebunan dan pertanian dan juga sebagai perlintasan batu bara. Untuk mengurangi beban jalan dan kepadatan jalan raya barang-barang yang tadinya di angkut truk besar bisa diangkut dengan kereta api sehingga dapat meminimalisir kerusakan jalan raya akibat truk bermuatan berlebih. Objek penelitian ini adalah jalur kereta api dimulai dari Stasiun Pidada - Pelabuhan Panjang, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh langsung dari lapangan yang merupakan hasil pengukuran, pengujian dan tinjauan langsung di lokasi kegiatan dan berbagai sumber kajian yang pernah dilakukan dan berkaitan dengan kajian ini. Dari hasil kajian teknis diperoleh hasil pengukuran topografi, mekanika tanah, dan analisis hidrologi yang memenuhi untuk pelaksanaan revitalisasi jalur kereta api Stasiun Pidada - Pelabuhan Panjang. Dan dari hasil kajian biaya dalam perhitungan pendapatan, biaya anggaran untuk pembangunan revitalisasi jalur kereta api Stasiun Pidada - Pelabuhan Panjang, biaya yang dikeluarkan sangat efisien. Kata Kunci : Revitalisasi, Kajian Teknis, Efisiensi biaya.