creators_name: 0713023012, SUKENTI MUDIAH SARI type: article datestamp: 2016-05-18 06:49:25 lastmod: 2016-05-18 06:49:25 metadata_visibility: show title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KGS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BAHASA SIMBOLIK, DAN PENGUSAAN KONSEP LARUTAN NONELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil studi dokumentasi dan observasi, diperoleh informasi bahwa ni-lai rata-rata pada materi larutan nonelektrolit dan elektrolit serta reaksi redoks sis-wa kelas X1 SMAN 15 Bandar Lampung TP 2009-2010 adalah 55,71. Kriteria ke-tuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah adalah 100% siswa telah menda-pat nilai ≥ 61, pada kenyataannya hanya 54,84% siswa yang mendapat nilai ≥ 61. Aktivitas siswa yang relevan dalam pembelajaran (on task) masih rendah dan be-lum pernah dilatihkan keterampilan bahasa simbolik. Salah satu upaya untuk me-ngatasi masalah tersebut ada¬lah dengan menerapkan pembelajaran berbasis Kete-rampilan Generik Sains (KGS) dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis KGS da-lam meningkatkan: (1) rata-rata persentase aktivitas on task, (2) persentase rata-rata keterampilan bahasa simbolik, (3) persentase rata-rata penguasaan konsep, dan (4) persentase ketuntasan belajar dari siklus ke siklus. Penelitian ini adalah pe¬nelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksa¬na¬kan dalam tiga siklus, subjek pene-litian ini adalah siswa kelas X1 SMA N 15 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data peneli¬tian ini terdiri dari data aktivitas on task, keteram-pilan bahasa simbolik, penguasaan konsep, dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III sebagai berikut: bertanya pada guru sebesar 14,06% dan 12,5%; mem-berikan pendapat sebesar 9,88% dan 8,09%; menjawab pertanyaan guru sebesar 10,94%; (2) persentase keterampilan bahasa simbolik, kriteria sangat terampil dari siklus I ke siklus II sebesar 15,62%, dari siklus II ke siklus III sebesar 28,13%; (3) persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 12,80%, dari siklus II ke siklus III sebesar 9,01%; dan (4) ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5%, dari siklus II ke siklus III sebesar 15,63%. Kata kunci : KGS, aktivitas on task, keterampilan bahasa simbolik, penguasaan konsep, ketuntasan belajar. date: 2016-02-11 date_type: published publication: digilib library refereed: TRUE citation: 0713023012, SUKENTI MUDIAH SARI (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KGS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BAHASA SIMBOLIK, DAN PENGUSAAN KONSEP LARUTAN NONELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS. digilib library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/2/ABSTRAK%20New%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/3/DAFTAR%20ISI%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/5/BAB%20I%20FIXX.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/6/BAB%20II%20fixx.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/7/BAB%20III%20fixx.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/8/BAB%20IV%20Enti.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/20963/9/BAB%20V%20NEW%20enti.pdf