title: PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LEARNING CYCLE 6 PHASE creator: 0713023014, ADITYA AYUWULANDA subject: description: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di SMAN 1 Pringsewu di-dapatkan nilai rata-rata tes formatif materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kela-rutan kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 adalah 68,9. Siswa yang men-dapat nilai ≥ 73 hanya 53,125%. Hal ini terjadi karena selama ini pembe¬lajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah yang bersifat memberikan infor-masi saja dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Model pem-be¬lajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan bersifat konstruktivistik antara lain adalah model pembelajaran learning cycle 6 phase dan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan mana yang lebih tinggi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran learning cycle 6 phase pada siswa SMA Negeri 1 Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel atas dasar pertimbangan tertentu. Diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model inkuiri ter-bimbing dan learning cycle 6 phase. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa. Data penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata penguasaan konsep dan rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan pembe¬lajaran menggunakan model learning cycle 6 phase lebih tinggi dari inkuiri terbimbing Kata kunci : Penguasaan konsep, model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran learning cycle 6 phase date: 2016-02-11 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/2/Cover%20Hasil.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/3/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/5/bab1.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/6/babII.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/7/bab.III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/8/babIV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/20964/9/bab%20V.pdf identifier: 0713023014, ADITYA AYUWULANDA (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LEARNING CYCLE 6 PHASE. digilib library. relation: http://digilib.unila.ac.id/20964/