%A ADITYA AYUWULANDA 0713023014 %J digilib library %T PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LEARNING CYCLE 6 PHASE %X Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di SMAN 1 Pringsewu di-dapatkan nilai rata-rata tes formatif materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kela-rutan kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 adalah 68,9. Siswa yang men-dapat nilai ? 73 hanya 53,125%. Hal ini terjadi karena selama ini pembe?lajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah yang bersifat memberikan infor-masi saja dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Model pem-be?lajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan bersifat konstruktivistik antara lain adalah model pembelajaran learning cycle 6 phase dan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan mana yang lebih tinggi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran learning cycle 6 phase pada siswa SMA Negeri 1 Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel atas dasar pertimbangan tertentu. Diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model inkuiri ter-bimbing dan learning cycle 6 phase. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa. Data penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata penguasaan konsep dan rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan pembe?lajaran menggunakan model learning cycle 6 phase lebih tinggi dari inkuiri terbimbing Kata kunci : Penguasaan konsep, model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran learning cycle 6 phase %D 2016 %L eprints20964