%0 Journal Article %A 1013079115, SITI MARIAM %D 2016 %F eprints:20965 %J digilib library %T PENERAPAN PERMAINAN BAHASA (KATARSIS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BATU AGUNG KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNGSELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/20965/ %X Pembelajaran membaca bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Batu Agung dalam pelaksanaannya guru masih mendominasi dengan metode ceramah (teacher centered) sehingga proses pembelajarannya belum optimal, akibatnya siswa kurang tertarik dan kurang memperhatikan terhadap pembelajaran ketrampilan membaca. Ketrampilan membaca siswa di kelas IV SD Negeri 1 Batu Agung berada pada taraf yang rendah, aktivitas siswa cenderung pasif, dan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketrampilan membaca melalui penerapan permainan bahasa (katarsis) di kelas IV SD Negeri 1 Batu Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar pengamatan kinerja guru dan siswa, lembar tes, dan lembar penilaian ketrampilan membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari lembar pengamatan, dan analisa kuantitatif untuk data hasil belajar dari hasil tes. Dari hasil temuan dan analisis data penelitian tindakan kelas, secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan bahasa (katarsis) dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Batu Agung. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketrampilan membaca siswa pada siklus I (74,42%), siklus II (83,72%), mengalami peningkatan sebesar 9,3% dan siklus III menjadi (90,70%) sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,98%. Kata kunci: ketrampilan membaca, permainan bahasa (katarsis)