%A SUDARMAN 1113109041 %J digilib library %T PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN BERNUNG GEDONGTATAAN PESAWARAN %X Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Bernung, prestasi hasil belajar Matematika kelas V rata-rata masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika materi bangun ruang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Pengumpulan Data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Bernung. Hasil analisis data menunujukan bahwa, menggunakan pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika kelas V SDN Bernung. Peningkatan aktivitas dan prestasi hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Bernung sebagai berikut : - Keaktifan siswa siklus I sebanyak 6 orang atau 39 % dari 20 orang - Keaktifan siswa pada siklus ke II sebanyak 14 orang meningkat menjadi 70% dari 20 orang. Sehingga terdapat kenaikan keaktifan siklus I ke siklus II sebesar 40 %. Sedangkan prestasi hasil nilai belajar Matematika sebagai berikut : - Siklus I rata-rata kelas 57,6 - Siklus II rata-rata kelas 66,05 Sehingga terdapat kenaikan sebesar 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : - Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa menjadi aktif dan bersemangat. - Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD mendapat tanggapan positif dari siswa, mata pelajaran Matematika tidak dianggap momok lagi. - Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD menyenangkan siswa karena lembar tugas dapat dikerjakan bersama-sama. Dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika kelas V SDN Bernung. Kata Kunci : Peningkatan Prestasi Hasil Belajar dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. %D 2016 %L eprints21009