%A 1216011096 THERESIA SUPARMI %T FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus di Dusun IV Kelurahan Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor intelegensi terhadap anak putus sekolah, pengaruh faktor ekonomi terhadap anak putus sekolah, pengaruh faktor intelegensi dan faktor ekonomi terhadap anak putus sekolah. Tipe penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini berjumlah 43 orang yang mengalami putus sekolah antara tahun 2011 hingga tahun 2015. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa faktor intelegensi berpengaruh lebih kuat daripada faktor ekonomi yaitu dengan nilai t-hitung sebesar 4,060 sedangkan nilai t-hitung faktor ekonomi sebesar 2,067, namun keduanya sama-sama berpengaruh terhadap anak putus sekolah. Intelegensi anak masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari indikator yang ada yaitu pada kepintaran, kecerdasan, kemampuan, dan kerajinan. Anak mengaku tidak pernah mendapatkan juara kelas, sering membolos, mencontek, serta sulit untuk memahami materi yang telah diberikan. Faktor ekonomi berpengaruh terhadap terjadinya anak putus sekolah, karena keadaan orang tua yang berprofesi sebagai buruh tani dan ibu rumah tangga menyebabkan pendapatan keluarga tergolong rendah, sehingga pemenuhan kebutuhan sekolah tidak terpenuhi. Kata kunci : Intelegensi, Ekonomi, Putus sekolah ABSTRAK BAHASA INGGRIS This research aims for knowing about effect of intelligence factor to dropped out student, effect of economic factor to dropped out student, effect of intelligence factor and economic factor to dropped out student. Type of this research used quantitative descriptive research by collected primary data from 43 dropped out students in 2011 until 2015. Data analysis technique used validity and reliability test, classic assumption test, multiple linear regression, determination test and hypothesis testing. Based this research, the result is intelligence factor take strong effect than economic factor, namely the t-value calculate at 4,060 while the tacount value of economic factors is 2,067, but both of them take effect for dropped out student. Student?s intelligence still relative low, it?s seen from some indicators, like cleverness, intelligence, ability, and dilligent. Student said they never got champion in the class, they often skip the class, cheating, and so difficult to understand lesson. Economic factor take effect in dropped out student, because condition of parent as farm worker and as house wife had the low income so they can?t fulfillment school needs. Keyword: intelligence, economic, dropped out %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints21014