@misc{eprints2102, month = {Juni}, title = {TINJAUAN DAYA DUKUNG TANAH PADA PONDASI JEMBATAN FLY OVER RUAS JALAN ANTASARI ? JALAN TIRTAYASA DI KOTA BANDAR LAMPUNG}, author = {DICKY RAHADIANTO }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS TEKNIK}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2102/}, abstract = {Kapasitas daya dukung tanah merupakan kemampuan tanah dalam mendukung beban pondasi yang bekerja di atasnya tanpa terjadi keruntuhan geser (shear failure). Jenis dan besar kecilnya ukuran pondasi ditentukan oleh kekuatan atau daya dukung tanah di bawah pondasi tersebut. Maka diperlukan untuk meninjau daya dukung sebelum merencanakan pondasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau kapasitas dukung tanah pada pelaksanaan pekerjaan jembatan layang (Fly Over) Ruas jalan Antasari ? Jalan Tirtayasa Di Kota Bandar Lampung. Dengan mengunakan pondasi tiang Bore Pile secara berkelompok. Agar menciptakan suatu struktur pondasi yang aman, maka peneliti mengunakan tiga metode perhitungan tiang Bore Pile tunggal yaitu : Metode Mayerhof (1976), Reese \& wright (1977), dan O?neil \& Reese (1989). Serta peneliti mengunakan metode Terzaghi \& Peck (1946) untuk penghitungan tiang secara berkelompok. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa daya dukung tanah yang direncanakan oleh pihak konsultan dan telah dilaksanakan oleh Kontraktor pada proyek pekerjaan Jembatan Layang (Fly Over) Jalan Antasari ? Jalan Tirtayasa Di Kota Bandar Lampung. Bahwa kapasitas daya dukung tanah dan tiang, dihitung berdasarkan tiang tunggal dan kelompok lebih besar dari beban yang akan direncanakan oleh tiang Bore Pile secara tunggal maupun secara berkelompok. Kata kunci : Daya dukung Bore Pile, Daya dukung tanah, Tiang kelompok, Tiang tunggal.} }