@misc{eprints21036, month = {Januari}, title = {KEMAMPUAN MENYIMAK WAWANCARA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {1113041074 Wulan Sari}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/21036/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menyimak wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung tahun ajaran 2014/2015 dalam menyimak wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 160 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Peneliti menetapkan 30\% dari jumlah populasi setiap kelas secara acak sehingga diperoleh jumlah sampel keseluruhan, yaitu 48 siswa. Analisis data penelitian yang dilakukan dengan cara (1) peneliti menyusun hasil kerja siswa dan memberi kode berupa nomor pada setiap lembar, (2) peneliti mengoreksi dan memberi skor hasil kerja siswa berdasarkan rubik penilaian dalam RPP guru, (3) peneliti menentukan rerata kemampuan siswa dalam menyimak wawancara berdasarkan indikator yang telah ditetapkan, dan (4) peneliti menentukan kemampuan menyimak wawancara per indikator dengan mengonversikan nilai siswa dalam tolok ukur yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai (a) aspek what, who, when, where, dan why tergolong baik sekali dengan rata-rata 99, 98, 96, 99, dan 97, (b) aspek how dan aspek ketepatan sasaran pembicaraan tergolong baik dengan rata-rata 77 dan 80, (c) aspek ketepatan ucapan dan aspek diksi tergolong cukup dengan rata-rata 64 dan 73, dan (d) aspek hal penting dalam wawancara serta penetapan tekanan dan nada tergolong kurang dengan rata-rata 57 dan 55. Kata kunci: kemampuan, menyimak, wawancara.} }