%A 1013024074 Betari Solihati %T PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA N 5 Metro Tahun Ajaran 2015/2016) %X Sesuai dengan hakikat biologi sebagai bagian dari sains, proses pembelajaran biologi idealnya harus bertumpu pada proses ilmiah. Proses ilmiah tersebut melibatkan berbagai keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi sistem gerak manusia. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester ganjil yang dipilih dari populasi secara total sampling. Data kualitatif berupa deskripsi KPS siswa yang diperoleh melalui lembar observasi selama pembelajaran dan tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket lalu dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes tertulis yang diperoleh melalui LKS dan tes yang memuat semua indikator KPS, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata KPS siswa berkriteria baik (61,1? 17,8). Pada aspek klasifikasi menunjukkan kemampuan siswa dalam menggolongkan suatu data dengan kriteria baik (64,9 ? 19,9), komunikasi dengan kriteria baik (67,3 ? 15,8) dengan mampu mengomunikasikan data ke dalam bentuk tabel maupun ke dalam bentuk deskripsi, prediksi dengan kriteria baik (66,8 ? 21,5), interpretasi dengan kriteria sedang (45,2 ? 15,1). Sebagian besar siswa (81,5 %) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pembelajaran. Dengan demikian diketahui bahwa profil KPS siswa SMAN 5 Metro pada materi sistem gerak manusia berkriteria baik. Kata kunci : Interpretasi, Keterampilan Proses Sains, Klasifikasi, Komunikasi, Prediksi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints21042