%0 Generic %A AHMAD ATSIL PRAMUDYA SIRAT , 1211011001 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21093 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERUSAHAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN DI SENTRA INDUSTRI KERIPIK PAGAR ALAM KEDATON BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/21093/ %X ABSTRAK Peningkatan jumlah penduduk akan meningkatkan pula kebutuhan konsumsi penduduk yang bermukim pada suatu wilayah tertentu, baik berupa kebutuhan sandang dan kebutuhan pangan. Kebutuhan pangan meliputi kebutuhan konsumsi makanan berat seperti lauk pauk, sayur mayur, nasi, dan makanan ringan/tambahan baik berupa makanan kering dan makanan basah. Sektor industri diyakini sebagai sektor yang dapat memimpin sektor-sektor lain dalam sebuah perekonomian menuju kemajuan. Industri keripik merupakan salah satu wujud dari industri makanan yang tumbuh dan berkembang. Perusahaan industri keripik secara bertahap berusaha mencapai tujuan diantaranya yaitu untuk mencapai efisiensi dalam produksi,meningkatkan pangsa pasar dan berupaya untuk menjaga peningkatan volume penjualan, maka perusahaan akan selalu berupaya menerapkan kebijakan dengan baik, baik itu kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan promosi, kebijakan pelayanan dan kebijakan kerjasama. Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah pengaruh implementasi kebijakan produk, harga, promosi, pelayanan dan kerjasama terhadap kinerja perusahaan pada Sentra Industri Keripik Pagar Alam Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan di Sentra Industri Keripik Pagar Alam Kedaton Bandar Lampung yang berjumlah 32 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji hipotesis penelitian ini menunjukan bahwa variabel kebijakan produk, harga dan pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan variabel kebijakan promosi dan kerjasama berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Uji F pada penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama kebijakan produk, harga, promosi, pelayanan dan kerjasama tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan pada sentra industri keripik kedaton Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan promosi dan kerjasama berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan kebijakan produk, harga dan pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan dikarenakan produk yang di hasilkan setiap perusahaan memiliki jenis yang sama, harga yang di tawarkan relatif sama dengan perusahaan keripik lainnya dan pelayanan yang di berikan setiap perusahaan kepada konsumen tidak jauh berbeda, secara bersama-sama kebijakan produk, harga, promosi, pelayanan dan kerjasama tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan di sentra industri keripik kedaton Bandar Lampung. Kata kunci : Kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan promosi, kebijakan pelayanan, kebijakan kerjasama dan kinerja perusahaan.