%0 Generic %9 Other %A Lelly Diana, 1213021032 %C Universitas Lampung %D 2016 %F eprints:21108 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/21108/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, persentase tuntas belajar, dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam 13 kelas, kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan persentase tuntas belajar siswa, tetapi efektif ditinjau dari self confidence siswa. Kata kunci: pembelajaran discovery, pemecahan masalah matematis, self confidence