TY - UNPB CY - Universitas Lampung ID - eprints21123 UR - http://digilib.unila.ac.id/21123/ A1 - Nila Oktasari, 1113053075 Y1 - 2016/02/19/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang perlu ditingkatkan, yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya 40% dari 22 siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 3 Metro Pusat pada pembelajaran matematika melalui penerapan cooperative learning tipe group investigation Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata motivasi belajar 59,96, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 70,42. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I nilai rata-rata 68,18, meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 83,64. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif pada siklus I nilai rata-rata 61,17, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 72,06. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I nilai rata-rata 59,84, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 70,53. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, motivasi, tipe group investigation PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB SD NEGERI 3 METRO PUSAT AV - restricted ER -