TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21124 UR - http://digilib.unila.ac.id/21124/ A1 - Fitri Handayani, 1113053044 Y1 - 2016/02/19/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran IPS yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 33,33% dengan KKM 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament.. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif siklus I sebesar 52,38% dan siklus II sebesar 76,19% mengalami peningkatan sebesar 23,81%. Ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 66,67% dan siklus sebesar II 80,95% mengalami peningkatan sebesar 14,28%. Rata-rata hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 57,94% ?cukup baik? dan siklus II sebesar 64,13%% ?baik? mengalami peningkatan sebesar 6,19%. Rata-rata hasil belajar Psikomotor pada siklus I sebesar 59,21% ?cukup terampil? dan siklus II sebesar 67,7% ?terampil? mengalami peningkatan sebesar 8,49%. Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa IVB SD Negeri 2 Bumiharjo. Kata kunci: aktivitas, cooperative learning tipe teams games tournament, hasil belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SD NEGERI 2 BUMIHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -