TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints21140 UR - http://digilib.unila.ac.id/21140/ A1 - Khairul Anwar, 1113023035 Y1 - 2016/01/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh (effect size) model pembelajaran SiMaYang tipe II untuk mening¬kat¬kan model mental dan penguasaan konsep siswa pada materi ikatan kimia. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design dan pengambilan sampel dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan 1 kelas penelitian. Penelitian dilaksana¬kan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung pada kelas X4. Hasil penelitian menunjukkan pembel¬ajaran dengan model SiMaYang tipe II memiliki kepraktisan yang tinggi dalam meningkatkan model mental dan penguasa¬an konsep siswa, dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP yang berkategori ?tinggi? dan respon siswa yang berkategori ?sangat tinggi?. Model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep siswa, dibukti¬kan dengan peningkatan model mental dan penguasaan konsep, serta penilaian observer terhadap aktivitas siswa yang berkate-gori ?sangat tinggi? dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkategori ?tinggi?. Model pembelajaran ini juga berefek terhadap peningkatan model mental dan penguasaan konsep siswa, dibuktikan dengan hasil uji effect size yang berkriteria ?besar?. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model SiMaYang tipe II memiliki kepraktisan dan keefektivan yang tinggi serta memiliki efek yang besar terhadap peningkatan model mental dan penguasaan konsep siswa pada materi ikatan kimia. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI IKATAN KIMIA AV - restricted ER -