%A 1013079103 ROKHIMAH %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG %X Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Jatibaru Tanjungbintang. Berdasarkan observasi awal diperoleh aktivitas siswa pasif dan hasil belajar masih rendah. Tujuan peneliti adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunaan metode diskusi. Metode penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (clasroom action reserch) yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observasion), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan aktiviatas siswa, lembar pengamatan kinerja guru, dan lembar penilaian tes formatif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 70,30%, dengan katagori cukup aktif, pada siklus II mendapat 81,21% dengan katagori sangat aktif dan pada siklus III mencapai 90,30% dengan katagori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 24,24% pada siklus II meningkat menjadi 60,61% dan mejadi 93,94% pada akhir siklus III. Kata kunci : metode diskusi, aktivitas dan hasil belajar %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints21170