TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21176 UR - http://digilib.unila.ac.id/21176/ A1 - Herlina Oktavia Ningrum, 1113031033 Y1 - 2016/01/27/ N2 - Penelitian komparatif ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kewirausahaan siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, atau lebih tepatnay eksperimen semu. Populasi penelitian berjumlah 86 siswa dengan sampel sebanyak 50 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data diambil dengan wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan dan T-Test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian: (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar akuntansi model Problem Based Learning dengan Group Investigation, (2) Hasil belajar akuntansi menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan Group Investigation pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, (3) Hasil belajar kewirausahaan menggunakan model Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan Group Investigation pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi. Kata kunci: group investigation, hasil belajar, motivasi berprestasi, problem based learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION(GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI SMK PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -