TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21187 UR - http://digilib.unila.ac.id/21187/ A1 - FAJAR INDAH SARI, 1013043002 Y1 - 2016/01/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari piring dua belas dengan menggunakan metode demonstrasi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Teori yang digunakan, yaitu teori pembelajaran, tari piring dua belas, dan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler seni tari SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang berjumlah 8 orang siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, lembar pengamatan siswa dan guru, serta tes praktik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil pembelajaran tari piring dua belas dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan bahwa siswa rata-rata sudah mampu memperagakan tari piring dua belas dengan baik, hasil pengamatan aktivitas belajar sudah menunjukkan hasil yang baik sekali di setiap pertemuannya dilihat dari penilaian rata-rata siswa yang menunjukkan kriteria baik sekali. Penilaian dilakukan melalui tiga aspek yaitu kemampuan gerak, ketepatan gerak dengan iringan. Kata kunci: metode demonstrasi, pembelajaran, tari piring dua belas. ABSTRAK BAHASA INGGRIS This study aims to describe the process and outcomes of learning piring dua belas dance dishes using demonstration in SMAN 4 Bandar Lampung. The theory is used, ie learning theory, piring dua belas dance, and methods of demonstration. This type of research is qualitative descriptive. Source of data in this study were teachers and students joined in extracurricular dance SMAN 4 Bandar Lampung, amounting to 8 students. The method used to collect data were observation, interviews, field notes, documentation, observation sheet of students and teachers, as well as practical tests. Analysis of the data used is data reduction, data presentation, and verification. Learning outcomes piring dua belas dance using the demonstration showed that the average student has been able to demonstrate a piring dua belas dance well, observations and learning activities are already showing good results once in every encounter seen from the average valuation of students who show good criteria once. Assessment is done through three aspects: movement capability, precision motion with accompaniment. keywords: plate twelve dancing, methods of demonstration, learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN TARI PIRING DUA BELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -