@phdthesis{eprints21193, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN MODEL PERMAINAN ARISAN SISWA KELAS VIII SMPN SATU ATAP 1 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, school = {Universitas Lampung}, author = {1423041004 BETNAWATI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/21193/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan model permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi menyimak berita, (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi menyimak,(3)Sistem penilaian pembelajaran dengan menggunakan model permainan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi menyimak berita, (4) Kemampuan menyimak siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Tegineneng dengan menggunakan model permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Tempat penelitian adalah di SMPN Satu Atap 1 Tegineneng kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I pada hari Kamis, 17 Sep 2015. Permainan dilakukan secara mandiri pendekatan yang dilakukan menumbuhkan rasa percaya diri, bertanya dan penilaian autentik. Pada siklus II pada hari Rabu, 30 Sep 2015 permainan dilakukan dengan berkelompok, pendekatan yang dilakukan dengan membangun kerja sama antar teman, percaya diri, bertanya dan penilaian autentik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan prinsip PTK. Hasil penelitian menunjukkan RPP pada kompetensi dasar kemampuan menyimak telah disusun dengan menggunakan model permainan arisan. Pelaksanaan pembelajaran kemampuan menyimak dengan menggunakan model arisan telah mengubah suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, dan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran telah disesuaikan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa. Peningkatan kemampuan menyimak melalui pengembangan model permainan arisan yaitu prasiklus 65,17, siklus I 68,29, dan pada siklus II menjadi 74,46 Kata kunci: kemampuan menyimak, berita, model permainan ABSTRACT The problem in this research is the lack of the listening ability of the student in VIII grade SMPN Satu Atap 1 Tegineneng. The purpose of this research are to develop (1) Lesson plan whit using the development model of the game. (2) The implementation of the development model of the game in teaching learning process. (3) The assessment system in learning process uses the development model of the game. (4) The students listening ability of the VIII grade of the SMPN Satu Atap 1 Tegineneng with using the development model of the game. The research method used is classroom action research. The objek in this research are the student of VIII grade. This research divided into two stages. In stage 1,Thursday, 17 Sep 2015 the game played by each student, the approachment taken are self confident, asking, an authentic assessment. In stage II, Wednesday, 30 Sep 2015 The game played in a group, the approachment taken with developing coorperation between friends, asking, and authentic assessement. The data collected through obsrvation and test. The data analyzed with using qualitative and quantitative method based on the classroom action reseach principal. The result of this reseach shows the improvement in process and result of education learning . Through the development model all the games , in each stage is enough. Stage I is good, stage II is better. The improvement in listening ability thruogh the development model all the games in preliminary research is 65,17 stage I became 68,29 stage II became 74,46 Keyword: Listening ability, news, model of the game} }